Kementan Bantu Benih Kakao dan Padi Gratis Untuk Petani di Sulbar

Mamuju – Kementerian Pertanian memberikan bantuan benih kakao dan padi secara gratis kepada petani di Provinsi Sulawesi Barat sebagai upaya meningkatkan produksi komoditas tersebut.

“Selain memberikan benih gratis, petani juga diberi bantuan alat mesin pertanian,” kata Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, saat berkunjung di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, bantuan mesin pertanian di antaranya berupa pompa air sebanyak 20 unit di Kabupaten Pasangkayu. “Agar bisa lebih produktif, kita harus kelola air dengan baik sehingga pemerintah memberikan bantuan 20 unit pompa untuk bisa difungsikan dengan memanfaatkan langsung sungai yang ada,” kata Amran.

Kementerian Pertanian juga telah mengirimkan 345 ekor hewan ternak untuk dibagikan kepada peternak di Sulbar, khusus untuk Kabupaten Pasang Kayu sebanyak 35 ekor. “Silahkan pemda setempat mengatur pola pembagiannya, tapi kami berharap dilakukan berkelompok, untjm bagikan ke peternak,” ujarnya.

Selain, membantu mesin pertanian dan benih padi kakao gratis juga dilakukan peremajaan sawit dan bantuan benih jagung. (Ant)