Pemprov Sulbar dorong pelaku UMKM manfaatkan sarana digital

Mamuju – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat terus mendorong para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) memanfaatkan sarana digital untuk memasarkan produknya.

“Pelaku UMKM diminta untuk mulai melakukan inovasi dalam rangka memasarkan produk komoditasnya dengan memanfaatkan sarana digitalisasi yang ada saat ini,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Barat (Sulbar) Muhammad Idris Dp di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan pemasaran produk UMKM di Provinsi Sulbar mesti dibangun dengan sistem digitalisasi agar dengan mudah diketahui dan diminati konsumen.

“Untuk mendukung program belanja produk dalam negeri oleh masyarakat maka kuncinya ada pada sistem digitalisasi,” ujarnya saat meninjau pemasaran produk UMKM Marasa Corner di kompleks perkantoran Gubernur Sulbar di Mamuju,

Ia mengakui, pemasaran produk UMKM Sulbar sebagai bagian dari produk dalam negeri mesti menjadi evaluasi bagi pemerintah dan pelaku UMKM.

Oleh karena itu, lanjutnya, dengan sistem digitalisasi, konsumen atau masyarakat dapat mengakses dengan mudah setiap produk yang diminati disamping juga pentingnya menjaga kualitas dan mutu setiap produk.

Pemerintah juga akan berupaya menyusun program digitalisasi beserta sejumlah kebijakan yang dapat dilaksanakan guna membantu pelaku UMKM dalam memasarkan usahanya agar terus berkembang dan diminati masyarakat.

“Kelemahan pembangunan UMKM Sulbar yakni belum didukung dengan sistem digitalisasi yang memadai untuk memasarkan hasil produk UMKM, sehingga ini yang perlu dikembangkan,” katanya..

Ia mengatakan produk UMKM Sulbar cukup banyak dan berpotensi memajukan ekonomi masyarakat dan mengembangkan ekonomi daerah.

Sehingga Pemerintah Sulbar dan DPRD Sulbar saat ini telah berkomitmen mendukung berbagai upaya memajukan ekonomi daerah, dengan menyiapkan lahan untuk menjadi lokasi dalam pemasaran produk UMKM di kompleks perkantoran Gubernur Sulbar.

Menurut Idris, UMKM merupakan penggerak ekonomi Sulbar yang jumlahnya telah mencapai 10.711 unit sehingga pemerintah dan DPRD terus berkolaborasi untuk memajukannya untuk pembangunan ekonomi daerah dengan memajukan UMKM.

Ia menambahkan, sejumlah kegiatan expo telah dilaksanakan pemerintah dengan berbagai bentuk itu semua diharapkan dapat mengembangkan UMKM di Sulbar. (Ant)