Dinkes Sulbar Programkan “Save` Ibu Hamil

Mamuju – Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat memprogramkan “Save ibu hamil” untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Dalam mewujudkan harapan Gubernur Sulbar untuk meningkatkan derajat kesehatan di Provinsi Sulbar dengan menurunkan jumlah kematian ibu dan anak maka dilaksanakan program “Save Ibu Hamil”,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar Dr Achmad Azis,M Kes di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan untuk mewujudkan program tersebut maka dilakukan upaya strategis berupa peningkatan pelayanan secara komprehensif dan berkualitas.

“Melalui program itu dilaksanakan pelayanan nifas serta pelayanan neonatus dan neonatal melalui pendampingan ibu hamil dan bayi,” katanya.

Menurut dia, dengan langkah starategjs tersebut diharapkan dapat memberikan perlindungan secara menyeluruh terhadap ibu hamil selama proses kehamilan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan ibu dan bayinya.

“Program ini telah dilaksanakan pada tahun 2017 dan 2018 melalui dana APBD Sulbar dan pada tahun ini akan dilakukan pengembangan program dengan menambah jumlah bidan desa dengan sasaran Ibu Hamil dalam program pemerintah yakni mewujudkan masyarakat mandiri, cerdas dan sehat,” katanya.(Ant)