Dinkes Sulbar Desimibasi Surveilans Gizi

Mamuju – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan Desiminasi Surveilans Gizi melalui pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat (e-PPGBM).

“Dalam upaya perbaikan dan penurunanStunting di Sulbar maka Dinkes Sulbar melaksanakan diseminasi ini,” kata pejabat Dinkes Sulbar, DR H Achmad Azis, M.Kes di Mamuju, Jumat (14/12/18).

Ia menambahkan dengan kegiatan tersebut maka akan dilaksanakan penanganan stunting dengan data dasar individu.

“Data by name by adrees akan dilaksanakan agar tenaga pelaksana gizi dan pemangku kebijakan di daerah lebih mudah dalam mengamati permasalahan gizi di wilayah mereka,” ujanya.

Menurutnya dengan begitu pengambilan keputusan terhadap respond dan tindakan tepat apa yang akan dilakukan baik secara komunitas maupun individu.

“Pelaksanaan gizi surveilans gizi dilakukan dari posyandu, Puskesmas Kabupaten/Kota/Provinsi dan pusat meliputi pengumpulan, pengolahan, analisis data, tindakan dan pemanfaatan data sehingga tersedia informasi sistematis dan terus menerus, proses penyebaranluasan informasi, umpan balik dan tindak lanjut sebagai respon terhadap perkembangan informasi,” terangnya.

Sekda Sulbar, Dr. Muhammad Idris, MSi, mengatakan penanganan kesehatan adalah penanganan yang harus berbasis memberdayakan masyarakat dan kolektif.

Oleh sebab itu, masyarakat juga harus diberi banyak pengetahuan tentang kesehatan, petugas harus menguasai tupoksi dan terampil sehingga masyarakat ikut serta dalam peningkatan derajat kesehatan, dan hal yang tidak kalah pentingnya kita perhatikan adalah kultural masyarakat. (Ant)